Hobi Membaca? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kebanyakan orang begitu sibuk dengan kehidupan mereka bahwa tidak ada cukup waktu untuk membaca buku. Meskipun membaca tidak hanya memperkaya pemahaman, membaca buku-buku yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mental.

Setidaknya ada beberapa manfaat dari membaca pengetahuan kesehatan dan Pencegahan kata. Apa yang mereka?

1. Melatih otak Anda

Membaca www.solusitinggiku.com The Da Vinci Code hampir merasa seperti Robert Langdon berjalan-jalan di Roma dan tiba-tiba mencium bau parfum Beef Bourguignon Julia Child.

Nah, membaca merangsang daerah saraf di otak seperti Anda mengalami pengalaman ini. Para peneliti di Spanyol menemukan bahwa membaca kata "kayu manis" mengaktifkan area penciuman dari otak yang bertanggung jawab untuk bau. Demikian pula, para peneliti Perancis menemukan bahwa membaca pada tindakan 'Pablo menendang bola' merangsang gerakan motorik korteks otak.

2. Mengerti saling

Para peneliti menemukan bahwa membaca dapat memperluas empati dan meningkatkan keterampilan sosial. Artinya, itu memberikan kesempatan unik untuk sepenuhnya membenamkan diri dalam pikiran dan perasaan orang lain

"Jika Anda membaca tentang genetika, Anda belajar tentang gen. Jika Anda membaca fiksi, Anda belajar tentang orang lain dan tentang diri Anda," kata Keith Oatley, PhD, profesor emeritus psikologi kognitif di University of Toronto.

3. Berikan kebahagiaan

Uang bukan satu-satunya sumber kebahagiaan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pengalaman hidup membuat Anda lebih bahagia daripada hal-hal materi. Namun, penelitian yang lebih baru yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology menunjukkan bahwa produk eksperimental yang dirancang untuk menciptakan atau meningkatkan pengalaman hidup, seperti buku, adalah pendukung kebahagiaan.

Selain itu, sebuah studi di University of North Texas juga menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang membaca dan belajar jauh lebih puas dengan kehidupan mereka.

4. Mengurangi Stres

Para peneliti di University of Sussex menemukan bahwa membaca itu terbukti mengurangi stres sebanyak 68 persen, mendengarkan musik, berjalan dan memiliki secangkir teh.

Alih-alih menghilangkan energi dan membuat libido Anda berantakan karena membaca stres lebih baik karena dapat memperlambat denyut jantung dan mengurangi ketegangan otot.

5. Meremajakan otak

Sebuah studi oleh Rush University Medical Center yang dipublikasikan di Neurology menemukan bahwa mempertahankan kegiatan stimulasi mental seperti membaca memiliki penurunan kognitif 32 persen lebih lambat.

Studi terbaru lain juga menemukan bahwa orang tua yang secara teratur membaca atau barmain game yang menentang atau kekuasaan sebagai teka-teki catur berpikir, berisiko 2,5 kali lebih rendah dari penyakit Alzheimer.

6. Aktifkan Pikiran

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Social Psychology menemukan bahwa membaca buku Harry Potter, terutama bagian-bagian yang membahas prasangka, meningkatkan sikap terhadap individu LGBT dan imigran. Dalam studi lain, peserta yang membaca cerita tentang seorang perempuan Muslim Amerika cenderung tidak membuat asumsi luas berdasarkan ras.

"Salah satu manfaat terbesar dari membaca adalah untuk mengetahui orang lain dalam masyarakat lain, di luar individualitas," kata Oatley.

Komentar